Kamis, 01 Maret 2018

Kisah Seorang Kawan Lama


Cerita ini pernah saya dengar saat kuliah di Entrepreneur University, cerita tentang pertemuan dua orang kawan lama yang bisa kita ambil pelajaran untuk meraih sukses.

Seorang kawan hendak menemui kawan lamanya dan mereka janjian ketemu di rumah kawannya di pinggir sebuah danau. Singkat cerita setelah berbincang lama di teras rumah, sang kawan mengajak mancing di danau. Dengan sebuah perahu mereka berdua menuju ke tengah danau dengan membawa peralatan pancing.

Sejam dua jam mancing dan waktunya makan siang, sang kawan bilang kalau dia lupa membawa makanan dan hendak mengambil makanan ke rumah. Sang kawanpun hap dan meloncat dari perahu dan tap tap berjalan di atas air menuju pinggir danau! Kawan yang di perahupun terheran-heran dan ternganga melihat pemandangan tersebut. Dan tidak lama kemudian sang kawanpun kembali ke perahu dengan cara yang sama, berjalan di atas air! Betapa sakti teman ini, pikirnya. Bagaimana caranya orang bisa berjalan di atas air, heran dan takjub menyelimuti hatinya.

Merekapun makan dan kembali meneruskan memancing tanpa bicara sepatah katapun. Entah karena gengsi atau karena apa. Tak lama mereka memancing, dari pinggir danau terdengar suara orang memanggil nama sang kawan. Rupanya kawan karib sang kawan memanggil dari pinggir danau, dan sang kawanpun memberi isyarat agar ikut bergabung memancing, dan tap tap orang yang baru datang inipun berjalan di atas air mendekati perahu dan hap meloncat ke perahu. Semakin heran dan ternganga kawan ini melihat kejadian yang dilihatnya. Bagaimana bisa orang-orang ini bisa berjalan di atas air? mereka orang-orang sakti, pikirnya.

Melihat keheranan temannya ini, sang kawan dengan senyum menjelaskan kalau mereka berdua ini sering melewatkan waktu dengan mancing di danau, sedangkan bagaimana mereka bisa berjalan di atas air, sang kawan menjelaskan bahwa karena seringnya mereka memancing di danau tersebut mereka jadi hapal posisi batu-batu yang ada di bawah permukaan air walaupun tidak terlihat, sehingga mereka mudah melompat dari batu ke batu lain. Wow...itu rahasianya! bukan karena mereka sakti atau sejenisnya.

Jalan Sukses
Tidak ada jalan pintas untuk meraih kesuksesan. Seseorang harus belajar mengenali dirinya dan di luar dirinya dengan baik, berproses dan berpraktik dengan baik, maka kesuksesan adalah hal yang sangat mungkin dan tidak mustahil walau awalnya terlihat mustahil. Dan kesuksesan bukan diperoleh karena aji-aji kesaktian atau kemampuan supranatural yang tidak bisa kita tiru. Kita bisa meniru kesuksesan seseorang asal kita menemukan "guru" dan dengan sungguh-sungguh mengikuti prosesnya. Mari kira ubah kata-kata Impossible menjadi I'm Possible.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar