Ulang tahun sebagai peristiwa universal
Seorang bocah perempuan kadung senang dijanjikan oleh ayahnya sebuah hadiah boneka dan kue ulang tahun, pada akhirnya karena ayahnya terkena PHK saat pandemi COVID-19 tidak bisa lagi memenuhi janjinya merayakan ulang tahun putrinya. Dan terpaksa sang ayah tidak berani muncul di hari ulang tahun anaknya.
Oleh sang nenek, pada hari ulang tahun si bocah ini disiapkan "kue" ulang tahun dan lilin dengan sederhana. Sebuah lilin ditaruh di atas panci yang dibalikkan menyerupai kue tart dan dua buah pisang diletakkan mengelilingi lilin di atas panci terbalik tadi. Dan hanya dengan cara sesederhana itu saja sang bocah sudah bisa tersenyum bahagia tak terkira. Duh bagaimana rasa bahagia si bocah perempuan ini bila janji ayahnya yang sudah menjadi impiannya berbulan-bulan kalau dapat terwujud nyata? pastinya super bahagia!.
Cerita di atas menggambarkan bahwa tidak semua orang beruntung bisa merayakan hari bahagianya, mungkin jutaan orang di planet bumi kita ini yang tidak beruntung karena berbagai masalah. Ulang tahun hampir dirayakan semua bangsa di bumi ini dari ujung benua Afrika sampai Amerika, dari kutub selatan sampai orang di kutub utara, pendek kata merayakan hari ulang tahun sudah menjadi budaya universal.
Kekuatan netizen
Cerita anak dan nenek yang merayakan ulang tahun dengan cara sederhana di atas akhirnya viral di media sosial, dan setelah ini banyak netizen yang terharu dan mau berbagi dengan mengirimkan hadian dan kue ulang tahun kepada bocah tadi. Momen ulang tahun pun akhirnya bisa dirayakan ulang dengan kue ulang tahun sungguhan dan hadiah sesuai dengan impiannya yaitu sebuah boneka dari netizen.
Apa sih di zaman sekarang yang tidak diwujudkan dengan didukung beramai-ramai? contoh cerita di atas menggambarkan kekuatan netizen bersama-sama mewujudkan impian si bocah saat hari ulang tahunnya. Kekuatan sosial netizen ini kalau bisa dikelola akan menjelma menjadi "jin" yang bisa mengabulkan apa saja permintaan orang, asal dilakukan dengan baik dan benar berdasarkan trust.
Maka tidak heran, sekarang ini bermunculan platform penggalangan dana seperti kitabisa.com atau berbuatbaik.id yang mampu mengelola kekuatan netizen berupa sumbangan/donasi untuk membantu orang-orang yang membutuhkanya, misalnya untuk berobat dan keperluan kemanusiaan yang lain.
HappyU, happiness is yours
Kebahagiaan milik Anda semua
Nah, terilhami oleh kisah bocah viral ini dan kekuatan netizen yang bisa membantu mewujudkannya, maka timbullah ide menciptakan platform penggalangan dana khusus untuk mewujudkan mimpi orang-orang yang berulang tahun atau meratakan hari bahagia namun tidak sanggup mewujudkannya sendiri, yaitu HappyU sebuahide yang lahir dalam masa pandemi COVID-19 di sela-sela Work From Home (WFH).
HappyU akhirnya terlahir sebagai platform penggalangan dana tersebut. Apakah sama persis denagan cara penggalanan dana yang sudah ada? tentu tidak! HappyU dirancang sebagai platform social-commerce! tidak sepeti platform yang sudah ada yaitu 100% crowd funding. Apa itu? HappyU selain bermisi sosial dengan cara donasi para member lain atau donatur dikombinasi dengan jurus pemasaran di dunia bisnis/komersial yaitu dengan cara turut mereferesnikan produk merchant anggota HappyU kepada orang lain.
Selain member bisa mendapatkan donasi dari member yang lain atau donatur tetap dan top up dana sendiri dalam bentuk poin, member juga dapat mereferensikan produk merchant kepada orang lain, dan bila terjadi transaksi maka member yang mempromosikan akan mendapatkan poin yang dapat digunakan untuk menebus barang impiannya. Makin banyak mereferensikan kepada orang lain dan terjadi transaksi, akan makin banyak poin perolehannya. Bila poin-nya sudah cukup jumlah sesuai jumlah poin yang diinginkannya, maka pada saat hari ulang tahun, barang yang diinginkannya dapat diklaim dan akan dikirim HappyU kepadanya.
Pendek kata, HappyU akan membantu mewujudkan kebahagiaan orang sesuai dengan impiannya pada saat ulang tahun atau pada peristiwa bahagia yang lain sepertil ulang tahun pernikahan dll. tidak terbatas pada barang, bisa juga paket liburan atau tour keagamaan seperti haji dan umrah atau ziarah keagamaan yang lainnya. Ke depan bisa saja HappyU go internasional dengan mewujudkan kebahagian ulang tahun anak-anak Palestina, Afganistan, dan semua bangsa di planet bumi ini.
HappyU sekarang ini masih dalam pengembangan (progress 95%) versi aplikasi berbasis web (versi dummy di www.happyu.id) dan mobile apps untuk OS Android. HappyU dalam waktu dekat siap untuk dipresentasikan kepada calon investor potensial agar HappyU langsung bisa "ngegas" sejajar dengan platform startup digital lainnya.
Bismillah, semoga HappyU benar-benar terwujud dan dapat mewujudkan kebahagian orang banyak...Aamiin YRA.
HappyU mobile apps versi beta 1.0
Tidak ada komentar:
Posting Komentar