Senin, 23 Mei 2011

Memulai Bisnis

Ada 3 cara bisnis menurut Purdie Chandra pemilik Primagama yaitu BODOL, BOTOL dan BOBOL. apa itu?

BODOL
Berani Optimis Duit Orang Lain, artinya kita memulai bisnis tanpa mengeluarkan sepeserpun duit sendiri alias modal dengkul! Bagaiman bisa? asalkan proposal bisnis kita bagus dan pandai meyakinkan orang lain, maka tak susah mendapatkan investor untuk memodali usaha kita, tinggal kitanya yang harus pandai-pandai "menjual" dan mencari orang yang duitnya "tidur".

BOTOL
Berani Optimis Tenaga Orang Lain, artinya kita berbisnis tanpa harus dikerjakan sendiri. Bisnis jenis ini cocok untuk yg masih kerja kantoran sebagai bisnis sampingan alias "amphibi". Punya ide bisnis dan modal tapi tidak ada waktu untuk menjalankannya karena kesibukan dll., maka pilihannya adalah orang lain kita gaji untuk menjalankan bisnis kita, tentu dengan kriteria standard bisa dipercaya dan jujur selain takaran keahlian kerja.

BOBOL
Berani Optimis Bisnis Orang Lain, model ini yang lagi naik daun! Bisa mengambil waralaba atau Business Opportunity (BO) yg ditawarkan orang lain yg sudah terbukti memberikan keuntungan. 

Memulai bisnis dengan menciptakan produk sendiri tentu bisa saja, namun harus survei dulu demand produknya, market segmentation (baca target pasar), pricing position, merancang merk dan logonya, branding sampai membuat SOP produknya bukanlah butuh waktu sebentar  dan pasti "berdarah-darah" di lapangan. Maka tidak ada salahnya mempertimbangkan untuk membeli "pengalaman" bisnis orang lain untuk kita jadikan bisnis yg bisa menjanjikan keuntungan buat kita. Minimal bimbingan dan pengalaman bisnisnya akan mengantar kita lebih dekat ke arah kesuksesan bisnis.

Dalam waralaba, minimal apa-apa yg menjadi persiapan "startup" sudah disiapkan oleh pewaralaba, misalnya untuk waralaba makanan yang dijual di outlet, maka mulai dari standard booth/gerobak dan  peralatan/perlengkapan masak-memasak sampai SOP-nya sudah dipersiapkan untuk kelangsungan operasional di booth day to day, bahkan ada juga yang sampai memberikan tools berupa modul-modul pelaporan keuangan sederhana di outlet. Semua itu diberikan agar terwaralaba mudah dalam menjalankan bisnisnya dan fokus pada pengembangan bisnisnya.

Kunci sukses mengambil bisnis waralaba tetap pada attitude terwaralaba sendiri, passion tetap harus dimiliki dan dipupuk terus sehingga bisa enjoy terhadap bisnisnya dan otomatis fungsi kontrol dll. yg menjadi porsi terwaralaba tetap dijalankan tanpa ada rasa terbebani. 

Walau tidak seratus persen sama, ibarat belajar stir mobil, pelatih sudah mengajari aneka teknik mengemudi yang baik dan benar, setelah lulus dan  SIM sudah didapat, tinggallah si pengemudi apakah dia menyetir dengan baik dan benar sesuai pelatihanlah yg menentukan kesuksesan dia di jalanan. Tentu saja di setiap jalan tantangan akan berbeda, bekal teknik harusnya sudah cukup untuk mengatasi setiap tantangan dan yang pasti si pelatih tidaklah harus selalu  duduk di sebelah si pengemudi mendampinginya kemana saja dia akan jalan. Jam terbang akan menjawab setiap tantangan!


BOBOL,BODOL apa BOTOL? silahkan pilih dengan sikap optimis berhasil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar