Kamis, 19 Mei 2011

Takut Gagal

Penyakit yg selalu menghinggapi orang saat berniat wirausaha adalah takut GAGAL! ketakutan yg seharusnya tidak perlu ada namun menjadi begitu besar menghadang langkah awal seseorang untuk memulai usaha.

Takut gagal berawal dari pikiran negatif yg diperoleh dari pengalaman orang lain yg gagal atau bacaan-bacaan negatif lainnya, padahal kamus gagal sebenarnya tidak ada. Bukankah ketika kita kecil belum bisa berjalan atau naik sepeda awalnya memang terjatuh-jatuh? ada rasa sakit dan bahkan mungkin berdarah-darah tapi kita tetap berusaha bangkit dan akhirnya berhasil, padahal kalau ditelisik kita belum pernah berpengalaman berjalan atau naik sepeda sebelumnya?. Memulai usaha juga seharusnya begitu, walau tidak ada pengalaman sebelumnya namun kalau pikiran kita fokus dan kuat untuk berhasil dalam berusaha, maka hasilnya pasti berhasil layaknya kita berhasil waktu belajar berjalan atau naik sepeda.

Salah satu cara menghilangkan ketakutan GAGAL bisa dengan cara membaca success story orang-orang besar dalam menjalankan usahanya, bagaimana mereka memulai bisnis mereka, merangkak dari NOL menjadi besar seperti sekarang ini. Cara kedua adalah dengan selalu berpikir positif dalam memandang aneka masalah dan  menjauhkan pikiran dari aneka hitungan-hitungan yg njelimet yg justru akan memadamkan motivasi kita untuk berbisnis. Cara ketiga bergaul dengan komunitas bisnis juga penting untuk menjaga konsistensi dalam berbisnis dan menambah jejaring bisnis, ibarat macan bergaul dengan macan bukan dengan rusa dan sejenisnya. Bergaul dengan tukang minyak wangi akan wangi bergaul dengan preman jadi kayak preman, jangan salah bergaul, pilih teman dan komunitas di sekitar yg bisa memberi motivasi bisnis bukan sekedar obrolan kosong tak berguna.

Empat tahun yang lalu, seorang kawan saya tertarik untuk berbisnis namun masih bingung harus sewa tempat ruko atau beli ruko, saya bilang sewa saja dulu mengingat kapital bagusnya disimpan dulu karena bisnis pada awal biasanya belum stabil, modal buat "bantalan' kalau terjadi guncangan. Teman saya bilang, kalau sewa bagaimana kalau kemudian hari tidak boleh diperpanjang, orangnya sirik dll. sehingga tempat usaha kita diambil alih? Saya bilang, urusan itu nanti kalau terjadi pasti ada jalan keluarnya, ambil saja hikmahnya siapa tahu disuruh pindah malah jadi besar di tempat yang baru. Intinya jangan dipikir sekarang, masalah itu bukan domain kita. Kita hanya berusaha selebihnya domain Allah, saya bilang. Saya ceritakan kalau tempat usaha saya dulu juga pernah tidak boleh diperpanjang dengan alasan macam-macam, saya ikhlas dan berdoa malah setelah pindah dapat lebih besar dan lebih maju, kata saya merujuk pada tempat izziprint.com sekarang.


Namun apa hendak dikata, kawan saya memang terlalu kuat otak kirinya, jurusannya ilmu pasti dan jebolan master kampus kuning, ditambah pula dia seorang birokat tulen, maka tak heran sampai detik inipun belum terwujud niatnya untuk memulai usaha. Berpikir hitung-hitungan dan berpikiran negatiflah yg menyebabkan niat usaha tsb. tidak terwujud, padahal saya sudah bilang kalau memulai usaha itu jangan mikir sukses dulu seperti orang pergi mandi, masuk kamar mandi dan mandi, sederhana saja, kalau kurang shampo atau sabun tinggal keluar atau teriak minta diambilkan. Kalau mau mulai bisnis jangan takut gagal! kamus gagal tidak ada dalam usaha, semuanya proses menuju hasil yang terbaik asal disadari hikmahnya dan segera bangkit.

Orang sukses bukan orang yg tidak pernah gagal, orang sukses adalah orang yg gagal kemudian bangkit lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar