Jumat, 25 Februari 2011

Mentor Bisnis

Bagi sebagian orang, berbisnis adalah hal yg mudah dan simple karena bisa dimulai dari bisnis apa saja, dari yg modal dengkul seperti broker alias makelar sampai yg butuh modal puluhan juta. Masalahnya adalah sampai seberapa lama bisnisnya bisa bertahan? berbisnis juga perlu mentor agar tidak lekas layu dan mati!

Mentor bisnis ibaratnya seorang sherpa yg memandu perjalanan di gunung Himalaya, dia berperan penting bahkan lebih penting dibanding alat-alat modern sang pendaki! sukses dan tidaknya pendaki tergantung sherpa, kalau salah jalan habislah, bisa jadi nyawa taruhannya. Sherpa-lah yg tahu kapan saat yg tepat untuk bergerak dan diam beristirahat, kapan dan dimana. Sherpa-lah yg menjadi petunjuk jalan, mana jalan pintas yg aman dan mana jalan berbahaya. Pendek kata, karena sherpa sudah puluhun kali bahkan ratusan kali melewati jalan ke arah puncak gunung, maka dia tahu seluk-beluknya, dan pendaki yg baru pertama kali lewat jalan tsb. sangat layak untuk percaya bahwa dengan petunjuk sherpa jalan sukses menuju puncak yg diangankan tinggal menuggu waktu saja.

Mentor bisnis laiknya sherpa, dia berperan besar menunjukkan arah bisnis yg benar agar tidak terperosok pada jurang-jurang kehancuran. Mentor bisnis juga menunjukkan jalan-jalan yg tepat untuk dilalui agar bisnis bisa berjalan lancar sesuai rencana, mentor bisnis juga berperan di saat-saat pebisnis dilanda kegalauan dan keraguan, mentor bisa memberi semangat dan movitasi yg sangat diperlukan oleh pebisnis pemula agar tetap semangat meniti jalur bisnis yg sudah dipilihnya sebagai jalan hidup dan pengabdian hidup.

Ayo cari mentor Anda!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar